3 Contoh Kasus Analisis SWOT di Bidang Multimedia
Nama:Zidna Davva Amani
No/Kelas:35/XI MM 3
Analisis SWOT adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu - isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan dalam memasarkan produk atau event.
Berikut adalah contoh analisis SWOT di bidang multimedia (photography dan video shooting)
1.Deskripsi :
Nama perusahaan : AL - FIQRAEYM
Direktur : Alpin Septian
Marketing : Irma Siti N
Admin : Yeni Anjani
Editor : Fiqih F
Photografer : Ratih Puspita S
Al- FIQRAEYM adalah perusahaan yang bergerak di bidang photography dan video shooting.
A. Visi dan misi AL- FIQRAEYM:
- visi
Memproduksi poto - poto dan video yang menarik terutama dalam hal keindahan.
- Misi
Ingin meningkatkan kreatifitas para anggota supaya memiliki kreatifitas yang tinggi khususnya bidang photography.
Berikut adalah analisis SWOTnya:
B. STRENGTH (KELEBIHAN)
Pelayanan yang ramah, dekat dengan pelanggan, dan selalu siap saat dipelukan.
C. WEAKNESS (KELEMAHAN)
tenaga photografer yang kurang. Dan juga peralatan yang kurang lengkap.
D. OPPORTUNITIES (PELUANG)
Sekarang masyarakat banyak yang suka mengabadikan momen - momen yang istimewa. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang agar perusahaan lebih berkembang lagi.
E. THREAT (ANCAMAN)
Semakin banyaknya perusahaan photography dan video shooting yang memiliki peralatan lebih lengkap. Dan semakin banyak pula kamera handphone yang memiliki kualitas gambar yang bagus,sehingga masyarakat lebih banyak menggunakan handphone daripada menyewa photography.
2.IDENTITAS USAHA
Nama : SIKARTEK FILM
Tema : Pengeditan video, pembuatan video, dan percetakan foto
Kantor : Jln. Raya Mauk
Cabang : Jln. Ahmad Yani
No. telp : 089636068680
Email : sinarkaryateknologi@gmail.com
Website : Http://sinarkaryateknologi.blogspot.com
Jenis produksi : -Edit Film
-Edit Video
-Video Shooting
-Cetak Foto
B. LATAR BELAKANG
Sebuah bisnis berbasis teknologi yang menerapkan sebuah imajinasi manusia dalam sebuah media visual.Kami menciptakan sebuah product yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan karya-karya kami. Dengan perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini khususnya didunia perfilman kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk memajukan bisnis dalam bidang ini.
Bisnis ini mempunyai visi mendayagunakan perkembangan teknologi mewujudkan imaginasi manusia dalam sebuah karya visual. Dunia teknologi merupakan sebuah lahan yang tidak akan pernah ada habisnya, justru semakin lama akan semakin berkembang.
Dengan latar belakang sebagai pelajar di bidang tekhnologi informasi , kami bersepakat untuk mendayagunakan kemampuan kami untuk menyediakan produk bagi masyarakat sekitar dalam kaitannya dengan multimedia , yang kami terapkan melalui video editing dan video shoting. Dengan jasa yang kami berikan, di harapkan pengguna jasa kami dapat memesan sesuai harapan mereka.
C. TUJUAN DAN MANFAAT BISNIS
Tujuan
Selain untuk membuka lapangan kerja dan membantu mengurangi pengangguran, usaha yang kami dirikan nantinyadiharapkan juga dapat mempermudah konsumen.Usaha kami juga berusaha untuk selalu mengexsistansikan disainsebagai perkembangan multimedia yang semakin lama semakinmodern. Kami juga ingin menunjukan bahwa usaha dibidangmultimedia itu juga sangat menjanjikan.
Manfaat
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran berprestasi yang belum juga mendapat pekerjaan, dan jugamembantu pemerintah dalam membrantas kemiskinan serta kebodohan terutama dalam bidang multimedia.
D. SASARAN DAN TARGET PASAR
Deskripsi Konsumen :
• Bentuk
• Usia
• Jenis Kelamin
Umum
5 tahun –
Pria / Wanita
Lokasi Konsumen Wilayah kota Bantul dan Wonosari
Keinginan Konsumen • Ide kreatif produk ( design )
• Kualitas Produk
• Produk yang tahan lama
• Produk yang mudah digunakan
• Produk yang sesuai dengan keadaan konsumen
Alasan Konsumen • Tepat Waktu
• Harga terjangkau
• Kualitas Produksi
E. RINCIAN HARGA
Berikut adalah tabel harga yang telah kami patok dan bisa berubah-ubah tergantung tingkat kesulitan
Daftar harga jasa Video shooting
No Durasi Master Video Hasil DVD Hasil VCD Hasil File
1 0 - 1 Jam Rp. 275.000 Rp. 230.000 Rp. 150.000
2 1 - 2 Jam Rp. 325.000 Rp. 270.000 Rp. 175.000
3 2 - 3 Jam Rp. 375.000 Rp. 320.000 Rp. 200.000
4 3 - 4 jam Rp. 425.000 Rp. 370.000 Rp. 225.000
5 4 - 5 jam Rp. 475.000 Rp. 420.000 Rp. 250.000
Daftar harga jasa Video editing
No Durasi Master Video Hasil DVD Hasil VCD Hasil File
1 0 - 1 Jam Rp. 150.000 Rp. 125.000 Rp. 100.000
2 1 - 2 Jam Rp. 250.000 Rp. 175.000 Rp. 150.000
3 2 - 3 Jam Rp. 300.000 Rp. 225.000 Rp. 175.000
4 3 - 4 jam Rp. 325.000 Rp. 275.000 Rp. 225.000
5 4 - 5 jam Rp. 375.000 Rp. 325.000 Rp. 275.000
No Jenis Layanan Harga
1 Convert Video Rp. 50.000
2 Pembuatan Animasi Title ( harga / detik ) Rp. 25.000
3 Pembuatan Clip animasi Photo ( harga / 10 foto ) Rp. 25.000
4 DVD / VCD Photo Album ( harga / 10 photo) Rp. 20.000
Daftar harga Cetak Foto
No Ukuran Foto Harga
1 10 R Rp. 10.000
2 8 R Rp. 8.000
3 6 R Rp. 7.000
4 5 R Rp. 5.000
5 4 R Rp. 4.000
6 3 R Rp. 3.000
7 Pas Foto 2 X 3 Rp. 2.000
8 Pas Foto 4 X 6 Rp. 3.000
F. ANALISA KELAYAKAN BERDASARKAN ANALISA SWOT SERTA SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
Analisa SWOT (Strength, Weaknes, Oportunity dan Threat)
o Strength
Banyaknya wirausahawan yang belum tahu tentang peluang ini, jelas itu salah satu peluang utama kami, serta minat yang tinggi dari para konsumen.
o Weakness
Kelemahan utama adalah dalam mencari karyawan yang tentunya paham dan ahli tentang video shooting.
o Opportunity
Minat yang sangat besar dari para konsumen untuk menggunakan jasa editing video dan video shooting.
o Threat
Ancaman terbesar adalah munculnya para pesaing setelah usaha ini berjalan.
STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning)
o Segmentasi
Untuk sementara hanya membuka usaha jasa video editing, cetak foto, dan video shooting. Dan kedepannya kalau usaha ini berjalan dengan lancar, kami juga akan berusaha membuka pembuatan CD interaktif, studio film, desain undangan, jasa printing dan burning C.
o Targeting
1. Video shooting dan foto album hajatan(pernikahan, khitanan, pengajian dll).
2. Video editing (semua video)
3. Foto ijazah (SD, SMP , SMA, Mahasiswa, dll)
4. Dan tentunya semua kalangan.
o Positioning
Kami akan membuka usaha pengeditan, pembuatan video dan percetakan foto tersebut di ruko yang terletak di Jln. Srandakan Km 12,3 Srandakan Bantul. Selain itu kami membuka cabang di Jln. Parangtritis Km 5 Sewon Bantul dan Jln. Wonobebek Km 15 Tepus Wonosari. Selain tempatnya yang strategis, juga dekat dengan, SD, SMP, SMA. Dan dekat pula dengan pemukiman warga.
G. RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
Perlengkapan Pokok
• Komputer (2 unit) : Rp. 9.000.000
• Mesin Cetak Foto (1 unit) : Rp. 2.000.000
• Camera DSLR (1 unit) : Rp. 5.000.000
• Kamera Professional (2 unit) : Rp. 30.000.000
• LightingLamp (2 unit) : Rp. 1.000.000
• Lemari Kaca (1unit) : Rp. 800.000
• Meja (2 buah) : Rp. 200.000
• Kursi (9 buah) : Rp. 100.000
Jumlah : Rp. 48.100.000
Perlengkapan Skunder
• Kertas Foto (6 pac) : Rp.1.200.000
• CD Blank (3 cop) : Rp. 180.000
Jumlah : Rp. 1.380.000
Promosi
• Pamflet : Rp. 300.000
• Brosur : Rp. 100.000
Jumlah : Rp. 400.000
Jadi menurut penghitungan analisa yang kami buat, kurang lebih untuk modal awal yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 49.880.000,-
H. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran usaha yang akan kami dirikan. Kami mengharapkan supaya Bapak bisa menerima dan bisa mempertimbangkan proposal kami serta Bapak bisa menanamkan sahamnya di usaha pengeditan, jasa editing video, video shooting dan percetakan foto. Atas segala perhatian dan waktunya kami ucapkan banyak terima kasih.
3. M Photo Studio
Pertama kali beroperasi di Jakarta tepatnya di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat sejak tahun 2002. Saat ini, M Photo Studio sudah memiliki 52 gerai di seluruh Indonesia khususnya kota besar di Pulau Jawa.
Layanan utama yang ditawarkan M Photo Studio adalah penyediaan studio dalam bentuk standar maupun yang berupa box dengan ukuran 130 cm x 90 cm x 180 cm. Khusus yang box ini adalah andalan utama M Photo Studio karena swalayan, mudah dioperasikan dan hasilnya cepat serta memuaskan pelanggannya. Box ini maksimal dapat menampung 5 orang namun kenyatannya sering digunakan 10 orang sekaligus.
M Photo Studio pun berdiversifikasi. Tidak hanya menawarkan jasa mencetak foto saja, kini mereka juga bisa mencetak kartu nama atau kalender dengan berbagai macam template (background). Layanan terbarunya adalah mencetak foto dari HP berkamera melalui Bluetooth atau Infrared.
Strength diartikan sebagai karakteristik positif internal yang dapat dieksploitasi perusahaan untuk meraih sasaran kinerja strategis. Untuk M Photo Studio karakteristik Strengthnya adalah sebagai berikut :
a. Inovatif
M Photo Studio adalah penyedia layanan foto box digital dan swalayan yang pertama di Indonesia
b. Diferensiasi Produk
Tidak hanya melayani foto studio maupun fotobox, M Photo Studio juga menyediakan layanan cetak foto dari HP Berkamera melalui Bluetooth atau infrared. Selain itu kita juga bisa membuat kalender ataupun kartu nama dari foto.
c. Penggunaan teknologi terbaru
Fujifilm, sebuah perusahaan ternama di bidang teknologi fotografi, telah menyediakan peralatan fotografi yang canggih bagi M Photo Studio
d. Harga yang sesuai
Untuk satu lembar foto 4R dihargai Rp. 18.000,-. Untuk kantong para remaja, nilai ini cukup, tidak terlalu mahal. Lagipula biasanya mereka membayar secara patungan, sesuai dengan jumlah orang yang ikut berfoto.
Weakness diartikan sebagai karakteristik internal yang dapat menghalangi atau melemahkan kinerja organisasi. Karakteristik Weakness dari M Photo Studio antara lain :
a. Kapasitas belum mencukupi
Selama ini sering dijumpai antrean di remaja yang ingin menggunakan fotobox M Photo Studio. Belum lagi kapasitas box yang kurang besar, max 5 orang, sementara layanan fotobox lain bisa mencapai 8 orang.
b. Pelayanan kurang cepat
Untuk foto studio, kita harus mengambil hasil 2 – 3 hari setelahnya. Akan lebih baik bila pelanggan hanya menunggu 1 – 2 jam atau maksimal 1 hari untuk melihat hasilnya.
c. Kualitas hasil kurang memuaskan
Pernah ada konsumen yang memprotes bahwa kualitas foto yang dihasilkan terkadang buram. Belum lagi hasilnya tidak tahan lama, cepat luntur.
d. Karyawan yang terkadang tidak ramah
Karyawan adalah ujung tombak operasional perusahaan, namun terkadang karyawan M Photo Studio bersikap tidak professional atau tidak ramah kepada pelanggan.
Opportunity adalah karakterisitk dari lingkungan eksternal yang memiliki potensi untuk membantu organisasi meraih atau melampaui sasaran strategiknya. Karakter Opportunity dari M Photo Studio adalah :
a. Struktur demografis masyarakat
Sebagian besar pengunjung mall adalah remaja dan remajalah target pasar utama M Photo Studio. Hal ini memberikan peluang lebih besar bagi M Photo Studio untuk memperbesar revenuenya
b. Kegemaran remaja untuk berfoto
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bagi remaja, berfoto saat jalan bersama sudah seperti kewajiban. Inilah peluang besar bagi M Photo Studio untuk meraih lebih banyak pelanggan
c. Nama besar Fujifilm
Fujifilm adalah supplier tunggal M Photo Studio untuk urusan fotografi. Nama besar Fujifilm juga menjamin kualitas hasil foto M Photo Studio walaupun masih ada saja yang mengeluhkan hasilnya.
Threat adalah karakteristik dari lingkungan eksternal yang dapat mencegah organisasi meraih sasaran strategis yang telah ditetapkan. Karakteristik Threat untuk M Photo Studio adalah :
a. Studio foto lain yang mulai menjamur dengan keunggulan kompetitif
Studio foto yang lain mulai muncul dengan beberapa keunggulan dibandingkan M Photo Studio. Contohnya adalah SwaGaya dan Onyx yang ruang fotoboxnya lebih besar hingga mampu menampung 8 - 9 orang. Belum lagi harga yang ditawarkan Studio Onyx hanya Rp. 15.000,- untuk 1 foto ukuran 4R dengan 8 gaya. Satu lagi keunggulan kompetitif Studio Onyx adalah pelanggan bisa menyimpan foto mereka di flash disc tanpa tambahan biaya. Atau Jonas Photo Studio yang menyediakan make up bahkan berbagai aksesoris bagi konsumen tanpa tambahan biaya.
b. Penggunaan digital camera atau HP berkamera
Digital camera atau HP berkamera bagi remaja sepertinya sekarang bukan lagi merupakan barang mewah. Hobi berfoto para remaja pun sering disalurkan melalui dua barang itu sehingga terkadang mereka tidak merasa perlu pergi ke studio untuk berfoto dengan mengeluarkan tambahan biaya.
c. Menjamurnya layanan cetak digital dan kilat
Layanan cetak digital seperti Fuji Image Plaza atau Modern Digital Indolab ini memungkinkan masyarakat mencetak sendiri foto yang diambil dari digital camera atau HP berkamera tanpa harus membuat foto baru lagi. Namun M Photo Studio sudah menjawab tantangan ini dengan menyediakan layanan cetak digital dari HP berkamera melalui Bluetooth atau Infrared.